Mazmur 2:1-12
Raja yang diurapi TUHAN
2:1 Mengapa rusuh bangsa-bangsa
1 , mengapa suku-suku bangsa mereka-reka
perkara yang sia-sia?
2:2 Raja-raja
dunia bersiap-siap dan para pembesar bermufakat bersama-sama melawan TUHAN dan yang
diurapi-Nya
2 :
2:3 "Marilah kita memutuskan belenggu-belenggu
mereka dan membuang tali-tali
mereka dari pada kita!"
2:4 Dia, yang bersemayam
di sorga, tertawa;
Tuhan mengolok-olok mereka.
2:5 Maka berkatalah Ia kepada mereka dalam murka-Nya
dan mengejutkan mereka dalam kehangatan amarah-Nya:
2:6 "Akulah yang telah melantik raja-Ku
di Sion,
gunung-Ku
yang kudus!"
2:7 Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku
engkau! Engkau telah Kuperanakkan
pada hari ini
3 .
2:8 Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa
akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu
4 ,
dan ujung bumi
menjadi kepunyaanmu.
2:9 Engkau akan meremukkan mereka dengan gada besi,
memecahkan
mereka seperti tembikar
tukang periuk."
2:10 Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana,
terimalah pengajaran, hai para hakim
dunia!
2:11 Beribadahlah kepada TUHAN dengan takut
dan ciumlah kaki-Nya
dengan gemetar,
2:12 supaya Ia jangan murka dan kamu binasa di jalan, sebab mudah sekali murka-Nya
menyala. Berbahagialah
semua orang yang berlindung
pada-Nya!
Mazmur 45:1-17
Nyanyian pada waktu pernikahan raja
45:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Bunga bakung. Dari bani Korah. Nyanyian pengajaran; nyanyian kasih.
(45-2) Hatiku meluap dengan kata-kata indah, aku hendak menyampaikan sajakku kepada raja; lidahku ialah pena seorang jurutulis yang mahir.
45:2 (45-3) Engkau yang terelok di antara anak-anak manusia, kemurahan
tercurah pada bibirmu, sebab itu Allah telah memberkati engkau untuk selama-lamanya.
45:3 (45-4) Ikatlah pedangmu
pada pinggang, hai pahlawan,
dalam keagunganmu dan semarakmu!
45:4 (45-5) Dalam semarakmu itu majulah demi kebenaran,
perikemanusiaan dan keadilan!
Biarlah tangan kananmu
mengajarkan engkau perbuatan-perbuatan
yang dahsyat!
45:5 (45-6) Anak-anak panahmu
tajam, menembus jantung
musuh
raja; bangsa-bangsa jatuh di bawah kakimu.
45:6 (45-7) Takhtamu kepunyaan Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya
5 ,
dan tongkat kerajaanmu adalah tongkat kebenaran.
45:7 (45-8) Engkau mencintai keadilan
dan membenci kefasikan;
sebab itu Allah, Allahmu, telah mengurapi
engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan,
melebihi teman-teman sekutumu.
45:8 (45-9) Segala pakaianmu berbau
mur,
gaharu
dan cendana;
dari istana gading
permainan kecapi
menyukakan engkau;
45:9 (45-10) di antara mereka yang disayangi terdapat puteri-puteri raja,
di sebelah kananmu
berdiri permaisuri
berpakaian emas dari Ofir.
45:10 (45-11) Dengarlah, hai puteri,
lihatlah,
dan sendengkanlah telingamu, lupakanlah bangsamu
dan seisi rumah ayahmu!
45:11 (45-12) Biarlah raja menjadi gairah karena keelokanmu,
sebab dialah tuanmu!
Sujudlah
kepadanya!
45:12 (45-13) Puteri Tirus
datang dengan pemberian-pemberian;
orang-orang kaya di antara rakyat akan mengambil muka kepadamu.
45:13 (45-14) Keindahan belaka
puteri raja itu di dalam, pakaiannya berpakankan emas.
45:14 (45-15) Dengan pakaian
bersulam berwarna-warna ia dibawa kepada raja;
anak-anak dara mengikutinya, yakni teman-temannya,
yang didatangkan untuk dia.
45:15 (45-16) Dengan sukacita dan sorak-sorai
mereka dibawa, mereka masuk ke dalam istana raja.
45:16 (45-17) Para bapa leluhurmu hendaknya diganti oleh anak-anakmu nanti; engkau akan mengangkat mereka menjadi pembesar
di seluruh bumi.
45:17 (45-18) Aku mau memasyhurkan namamu turun-temurun;
sebab itu bangsa-bangsa akan bersyukur kepadamu
untuk seterusnya dan selamanya.
Mazmur 72:1-20
Doa harapan untuk raja
72:1 Dari Salomo. Ya Allah, berikanlah hukum-Mu
kepada raja
6 dan keadilan-Mu kepada putera raja!
72:2 Kiranya ia mengadili umat-Mu dengan keadilan
dan orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum!
72:3 Kiranya gunung-gunung membawa damai sejahtera bagi bangsa, dan bukit-bukit membawa kebenaran!
72:4 Kiranya ia memberi keadilan kepada orang-orang yang tertindas
dari bangsa itu, menolong orang-orang miskin,
tetapi meremukkan pemeras-pemeras
!
72:5 Kiranya lanjut umurnya
selama ada matahari, dan selama ada bulan, turun-temurun
!
72:6 Kiranya ia seperti hujan
yang turun ke atas padang rumput, seperti dirus hujan yang menggenangi bumi!
72:7 Kiranya keadilan berkembang
dalam zamannya dan damai sejahtera berlimpah, sampai tidak ada lagi bulan!
72:8 Kiranya ia memerintah dari laut ke laut, dari sungai Efrat
sampai ke ujung bumi!
72:9 Kiranya penghuni padang belantara berlutut di depannya, dan musuh-musuhnya menjilat debu;
72:10 kiranya raja-raja dari Tarsis
dan pulau-pulau
membawa persembahan-persembahan; kiranya raja-raja dari Syeba
dan Seba menyampaikan upeti
!
72:11 Kiranya semua raja sujud
menyembah kepadanya, dan segala bangsa menjadi hambanya
!
72:12 Sebab ia akan melepaskan orang miskin yang berteriak minta tolong, orang yang tertindas, dan orang yang tidak punya penolong;
72:13 ia akan sayang
kepada orang lemah dan orang miskin, ia akan menyelamatkan
nyawa orang miskin.
72:14 Ia akan menebus nyawa mereka dari penindasan dan kekerasan, darah mereka mahal
di matanya.
72:15 Hiduplah ia! Kiranya dipersembahkan kepadanya emas Syeba
! Kiranya ia didoakan senantiasa, dan diberkati sepanjang hari
!
72:16 Biarlah tanaman gandum
berlimpah-limpah di negeri, bergelombang di puncak pegunungan; biarlah buahnya
mekar bagaikan Libanon
, bulir-bulirnya berkembang bagaikan rumput di bumi.
72:17 Biarlah namanya tetap selama-lamanya
, kiranya namanya semakin dikenal selama ada matahari.
Kiranya segala bangsa saling memberkati dengan namanya, dan menyebut dia berbahagia.
72:18 Terpujilah TUHAN, Allah Israel,
yang melakukan perbuatan
yang ajaib seorang diri!
72:19 Dan terpujilah kiranya nama-Nya
yang mulia selama-lamanya, dan kiranya kemuliaan-Nya
memenuhi seluruh bumi. Amin, ya amin
.
72:20 Sekianlah doa-doa Daud bin Isai
.
Mazmur 110:1-7
Penobatan raja imam
110:1 Mazmur Daud. Demikianlah firman
TUHAN kepada tuanku
7 : "Duduklah di sebelah kanan-Ku,
sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu.
"
110:2 Tongkat
kekuatanmu akan diulurkan TUHAN dari Sion:
memerintahlah
di antara musuhmu!
110:3 Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan;
dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu
seperti embun.
110:4 TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal:
"Engkau adalah imam untuk selama-lamanya
8 ,
menurut Melkisedek.
"
110:5 TUHAN ada di sebelah kananmu;
Ia meremukkan raja-raja
pada hari murka-Nya,
110:6 Ia menghukum bangsa-bangsa
9 ,
sehingga mayat-mayat
bergelimpangan; Ia meremukkan orang-orang yang menjadi kepala
di negeri luas.
110:7 Dari sungai di tepi jalan ia minum, oleh sebab itu ia mengangkat kepala.
1 Full Life: MENGAPA RUSUH BANGSA-BANGSA.
Nas : Mazm 2:1-12
Mazmur ini terdiri atas empat pemandangan yang berbeda.
- 1) Pemazmur mulai dengan membicarakan bangsa-bangsa dan raja-raja dunia
yang menentang Yang Diurapi Allah (ayat Mazm 2:1-3; bd.
Kis 4:25-27;
lihat cat. --> Mazm 2:2 berikutnya)
[atau ref. Mazm 2:2]
-- suatu gambaran menyedihkan mengenai pemberontakan congkak umat manusia
terhadap Allah, hukum-Nya, penebusan-Nya, Mesias-Nya, dan ajaran moral
penyataan-Nya. Para penulis PB juga melihat dunia sedang menentang Kristus,
orang percaya, dan iman alkitabiah (Yoh 15:19; Ef 6:12).
- 2) Allah menanggapi mereka dengan mencemooh usaha bodoh dari dunia yang
berusaha menyingkirkan Dia (ayat Mazm 2:4-6). Saatnya akan tiba
ketika Ia akan mengakhiri pemberontakan manusia dan menegakkan
kerajaan-Nya di atas muka bumi ini (lih. Rom 1:18; 1Tes 5:1-11;
2Tes 2:8; Wahy 19:11-21).
- 3) Allah Bapa berjanji untuk mengutus Anak yang dikasihi-Nya (ayat
Mazm 2:7-9), puncak warisan bangsa-bangsa (lih. Kis 13:33;
Ibr 1:5; Ibr 5:5; bd. Mat 3:17; 17:5; 2Pet 1:17), untuk
mengalahkan semua pihak yang menentang pemerintahan-Nya. Jadi, janji ini
akan digenapi ketika Kristus datang ke dunia pada akhir zaman dan
membinasakan semua musuh Allah (lih. Wahy 12:5; 19:15). Ketika itu
semua orang percaya yang setia akan ikut memerintah bangsa-bangsa
bersama dengan Dia (Wahy 2:26-27).
- 4) Melalui pemazmur, Roh Kudus menasihati umat manusia untuk bersikap
bijaksana di hadapan Allah Yang Mahakuasa dan berlindung pada-Nya
sebelum hari penghakiman yang dahsyat itu tiba (ayat Mazm 2:10-12;
Ibr 3:7-19).
2 Full Life: YANG DIURAPI-NYA.
Nas : Mazm 2:2
Mazmur Mazm 2:1-12 adalah mazmur Mesias, yaitu yang menubuatkan
kedatangan Mesias Allah, Yesus Kristus. "Mesias" artinya "yang diurapi" dan
dipakai untuk Yesus yang diurapi Allah untuk menebus Israel dan memerintah
atas kerajaan Allah
(lihat cat. --> Mazm 2:7 selanjutnya;
lihat cat. --> Mat 1:1).
[atau ref. Mazm 2:7; Mat 1:1]
3 Full Life: ANAK-KU ... ENGKAU TELAH KUPERANAKKAN PADA HARI INI.
Nas : Mazm 2:7
"Kuperanakkan" secara harfiah artinya "melahirkan Engkau". Istilah
ini dipakai untuk seorang wanita yang melahirkan bayi dari rahimnya, tetapi
juga dipakai bila seorang raja memperkenalkan putranya di hadapan umum
untuk mengangkatnya selaku raja bersama ayahnya (bd. 1Raj 1:32-34 di
mana Daud melakukannya untuk Salomo). Di sini istilah itu dipakai ketika
Yesus dinyatakan di depan umum selaku Anak Allah dan pengurapan-Nya sebagai
imam, nabi, dan raja (lih. Mat 3:12; Kis 13:33; Ibr 1:5; 5:5; 7:28;
2Pet 1:13).
4 Full Life: BANGSA-BANGSA ... MENJADI MILIK PUSAKA-MU.
Nas : Mazm 2:8
Tidak pernah ada raja di dunia yang menerima janji semacam ini;
janji ini hanya digenapi dalam Raja Mesias, Yesus (lih. Za 9:10).
5 Full Life: TAKHTAMU ... ALLAH, TETAP UNTUK SETERUSNYA DAN SELAMANYA
Nas : Mazm 45:7-8
(versi Inggris NIV -- Takhta-Mu, ya Allah, tetap ... selamanya).
Kedua ayat ini akhirnya digenapi dalam Yesus Kristus. Penulis surat Ibrani
menerapkan ayat-ayat ini pada pemuliaan, keunggulan, kekuasaan, dan sifat
Kristus (Ibr 1:8).
- 1) Kekuasaan Kristus akan "sampai selama-lamanya" (Wahy 1:6). Raja
Mesias disebut "Allah" dalam ayat Mazm 45:7 berbeda dengan "Allahmu"
dalam ayat Mazm 45:8 (yaitu, Bapa). Perbedaan ini sesuai dengan
ajaran PB bahwa baik Kristus maupun Bapa adalah Allah sepenuhnya.
- 2) Di dalam Mazmur ini, sifat Kristus yang paling penting dilukiskan
dengan istilah kasih dan kebencian.
- (a) Ia mengasihi kebenaran, karena itu menandakan kerajaan-Nya.
Karena sukacita-Nya ditemukan di dalam melakukan kehendak Bapa
(Ibr 10:7), Ia sangat mengasihi kebenaran di dalam segenap
perwujudannya (bd. Ef 5:26; Ibr 13:12).
- (b) Sebagaimana Ia sangat mengasihi kebenaran, begitu pula Ia sangat
membenci kejahatan. Hal ini dijelaskan-Nya dengan mati disalib untuk
menghancurkan kejahatan dan menyelamatkan umat-Nya dari dosa-dosa
mereka (Mat 1:21). Ketika berada di bumi, Ia menghadapi
bermacam-macam dosa: suatu angkatan yang jahat (Mat 12:39),
benteng pertahanan ketidakbenaran Iblis (Mr 1:34-39), dan
kemunafikan di antara umat Allah (pasal Mat 23:1-39). Pada akhir
zaman Ia akan kembali untuk menegakkan kebenaran di atas bumi (pasal
Wahy 19:1-22:21).
- 3) Karena Yesus Kristus mengasihi kebenaran dan membenci kejahatan,
Allah mengangkat Dia di atas semua orang lain dengan mengurapi-Nya.
Pengurapan ini mengacu kepada kemuliaan, kebahagiaan, dan kekuasaan yang
diberikan Allah kepada-Nya. "Minyak kesukaan" (terj. versi Inggris NIV)
mengacu langsung kepada pengurapan-Nya dengan Roh Kudus (lih.
Mat 3:16-17; Gal 5:22-23;
lihat cat. --> Ibr 1:9).
[atau ref. Ibr 1:9]
- 4) Demikian pula, pencurahan Roh Kudus secara berkelimpahan atas umat
Allah hanya akan terjadi apabila mereka ikut merasakan kasih Kristus
yang sepenuh hati akan kebenaran. Lagi pula, hak untuk melayani sebagai
pemimpin rohani umat Allah akan dilandaskan pada kasih seperti Kristus
akan kebenaran dan penolakan gigih terhadap kejahatan (1Tim 3:1-7).
6 Full Life: RAJA.
Nas : Mazm 72:1-19
Menurut ayat Mazm 72:1, mazmur ini adalah doa Salomo selaku raja
Israel agar masa pemerintahannya ditandai keadilan, kebenaran, damai
sejahtera, pembinasaan kejahatan, dan pembebasan orang yang tertindas dan
miskin. Itu juga menunjuk kepada pemerintahan Yesus Kristus atas dunia
(lih. pasal Wahy 20:1-22:21) karena beberapa ayatnya dapat dikenakan
sepenuhnya kepada Dia saja (ayat Mazm 72:8,11,17; bd. pasal
Yes 11:1-5; 60:1-62:12). Doa ini mirip dengan doa dalam PB, "Datanglah
kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga" (Mat 6:10).
Bentuk doa ini harus timbul dari hati semua orang yang ingin melihat
Kristus memerintah sebagai raja dan kebenaran-Nya ditegakkan di bumi ini
(lihat cat. --> Wahy 21:1).
[atau ref. Wahy 21:1]
7 Full Life: FIRMAN TUHAN KEPADA TUANKU.
Nas : Mazm 110:1-7
Mazmur ini berbicara tentang ke-Tuhanan Mesias, keimaman-Nya,
pemusnahan orang jahat dan pemerintahan-Nya di bumi. Dengan jelas mazmur
ini bernubuat tentang Yesus Kristus (mazmur ini dikutip tujuh kali dalam
PB). Yesus menerapkan ayat Mazm 110:1 pada diri-Nya ketika menyatakan
ke-Allahan-Nya (Mat 22:44), dan rasul Petrus mengutip ayat
Mazm 110:1 untuk menekankan ke-Tuhanan Kristus (Kis 2:33-35;
Kis 5:30-31; bd. Rom 8:34; Ibr 10:13). Ibr 5:6 dan
Ibr 6:20-7:28 mengutip ayat Mazm 110:4 untuk membuktikan bahwa Allah
menjadikan Kristus imam untuk selama-lamanya.
8 Full Life: ENGKAU ADALAH IMAM UNTUK SELAMA-LAMANYA.
Nas : Mazm 110:4
Lih. Ibr 5:5-10; 6:19-7:28 untuk ulasan bagaimana ayat ini
digenapi di dalam Kristus.
9 Full Life: IA MENGHUKUM BANGSA-BANGSA.
Nas : Mazm 110:6
Ayat ini menggambarkan kedatangan Kristus ke bumi sebagai seorang
panglima perang untuk mengalahkan dan menghukum semua yang menentang
Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya (lih. Wahy 19:11-21).